Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang...

Jumat, 01 Oktober 2010

ANCAMAN TERHADAP JATI DIRI BANGSA

Dengan Era reformasi seharusnya kita semua merekonstruksi kembali nilai - nilai luhur budaya bangsa yang telah pudar, untuk tidak dikatakan hilang. Reformasi harus memberikan pencerahan bagi bangsa dan masyarakat, Namun sangat disayangkan sebagian besar dari kita semua berjalan dengan keinginan masing - masing, sehingga tujuan yang akan dicapai tidak pernah kesampaian. Sekali lagi kita wajib bersyukur dengan masih berdirinya bangsa ini.

Kita harus senantiasa sadar bahwa penjajahan dimuka bumi ini tidak akan pernah berakhir. Penjajahan secara fisik memang telah berakhir. Akan tetapi penjajahan melalui jalur non fisik seperti penjajahan budaya selalu datang untuk merusak nilai - nilai budaya kita. Harus diingat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa Yang besar. Sejarah peradaban manusia bisa tetap bertahan asalkan bangsa itu mampu mempertahankan identitas/jati dirinya sebagai sebuah bangsa.

telah Lebih satu dasawarsa reformasi bergulir, harapan yang diharapkan oleh para pencetus reformasi yang meruntuhkan rezim orde baru ternyata tidak kesampaian. Mahasiswa dan masyarakat yang menginginkan perubahan, kesejahteraan dan kemakmuran, ternyata terbelenggu dengan penderitaan yang berkepanjangan, mulai dari krisis ekonomi, budaya, keamanan, politik, dan lainnya. Apalagi Krisis multi dimensi, reformasi semakin mengarah ke pada orde yang melupakan sejarah dan terjerumus kedalam NEOLIBERALISME, KAPITALISME, Dan NEOKOLONIALISME.

cita - cita yang dahulu di cetuskan oleh bung karno dalam Trisakti " BERDAULAT DIBIDANG POLITIK, BERDIKARI DI BIDANG EKONOMI, BERKEPRIBADIAN DI BIDANG KEBUDAYAAN " hanya tinggal sebuah cita - cita yang tertulid didalam buku sejarah bangsa ini, bahkan tidak satupun dari cita - cita itu terwujud.

Saat ini Kita perlu menyadari bahwa neokolonialisme tidak lagi menggunakan senjata untuk menguasai kekayaan negeri - negeri yang dahulu terjajah, mereka menggunakan elit bangsa yang telah dicekcoki dengan pikiran - pikiran kebaratan dan bersedia membantu mempraktekan neokolonialisme lewat pembentukan berbagai undang - undang, Termasuk amandemen UUD 1945 yg merupakan awal masuknya kepentingan asing ke negara republik INDONESIA.

Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak lagi menjadi pedoman dan alat pemersatu bangsa ini, Sejak reformasi bergulir telah banyak pancasila tersakiti oleh ulah anak bangsa sendiri, sadar atau tidak, banyak dari kita yang tidak lagi berpikir bahwa bangsa ini terbentuk dengan pengorbanan darah dan jiwa hanya untuk satu tujuan kemerdekaan dan kejayaan bangsa indonesia.Persatuan dan kesatuan bangsa yang dahulu telah diikat dengan semangat semangat nasionalisme dan patriotisme oleh para pendahulu bangsa ini tidak lagi merekat kuat, bahkan telah mulai terpecah, hanya dengan sebuah kepentingan, dan sangat disayangkan para elite pun telibat dalam penjerumusan bangsa dengan retorika politik dan kebebasan, masyakat pun terbuai dengan suara demokrasi yang tidak jelas karakternya.

Jika harus bertanya bukti, cukup sudah berbagai peristiwa - peristiwa yang kita saksikan untuk menjadi tolak ukur penilaian kita masing - masing, hingga bangsa lain pun berani melecehkan kedaulatan bangsa indonesia dengan cara - cara yang vulgar dan terang - terangan, Peringatan 1 Oktober yang merupakan moment kebangkitan perjuangan terhadap Mempertahankan Jati diri bangsa hanya tinggal moment sejarah yang diperingati melalui sebuah upacara seremonial, didalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu tidak lagi kita jadikan jiwa kita.

Bahkan Mungkin dari kita masih ada yang lupa Bunyi dari kelima sila pancasila, atau bahkan disekolah - sekolah dasar hingga menengah atas pelajaran tentang ideologi bangsa tidak lagi menjadi pendidikan yang harus mendapatkan prioritas ??

Sudah Selayaknya Kita terbangun secara bersama - sama bahwa saat ini meskipun belum begitu terasa bagi sebahagian rakyat indonesia bahwa " ANCAMAN TERHADAP JATI DIRI BANGSA " telah berada pada kondisi yang sangat parah, dan Kita Semua memiliki tanggung Jawab untuk Melakukan Penjagaan dan Perawatan agar JATI DIRI Kita tetap Kokoh dan KUat.

Selamat Memperingati HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2010

WARNING !
PKI GAYA BARU TELAH MUNCUL !


Tertanda

SATUAN MAHASISWA PEMUDA PANCASILA

SATMA - PP KOTA PEKANBARU

Post via Facebook by: Dedi Harianto Lubis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar